Jumat

PEDAGOGI TEORITIS DAN PRINSIP-PRINSIP PEDAGOGIS


1.     Pedagogi dan Pedagogis
Pedagogi (kata benda) ilmu pendidikan atau ilmu pengajaran. Kata sifat untuk istilah pedagogi adalah pedagogis yang bermakna salah satu proses studi pedagogi. Makna lebih luas pedagogis adalah sadar terhadap arah tujuan dan cirri dasar dari proses pedagogi.
2.     Prinsip-prinsip proses pedagogis
Menurut andine (2001) Prinsip-prinsipnya adalah :
a)     Kesatuan karakter ilmiah dan ideologis dari proses pedagogis, bahwa setiap proses pedagogis harus terstruktur berdasarkan temuan yang paling maju dibidang sains kontemporer.
b)    Hubungan sekolah dan kehidupan, kaitan antara kehidupan dan pekerjaan sebagai kegiatan yang mendidik manusia.
c)     Merujuk pada kesatuan pengajaran, pendidikan dan perkembangan proses.
d)    Domain kognitif dan afektif tidak bisa berada dalam suasana yang kering.
e)     Masing-masing subsistem aktivitas, komunikasi dan kepribadian saling terkait satu sama lain.
Model pedagogis unik memiliki karakteristik : fleksibel, tersruktur, berpusat pada siswa, kegiatan tatap muka, pendidika virtual dan bimbingan konseling. Model pembelajaran dirancang berdasarkan 3 komponen utama :
a)     Tatap muka pertemuan (bimbingan belajar, pertemuan kelas, dan bimbingan konseling).
b)    Belajar mandiri (penggunaan buku teks, panduan, dan materi dalam media magnetic).
c)     Layanan informasi serta jasa ilmiah dan teknis informasi.

3.     Pembentukan Propesional
Menurut Vigotsky, dimensi pembentukan guru profesioanal adalah :
a)     Pembentukan guru sebagai pribadi yang utuh.
b)    Pembentukan karakter sistemik yang diperlukan untuk memberdayakan siswa.
c)     Pembentukan karakter yang terpribadi, yaitu individualis dan terintegrasi.
d)    Pembentukan karakter preventif, dalam rangka mengantisipasi kesulitan dan dalam situasi deficit yang dapat menghambat pemenuhan tujuan.

Referensi:
Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi, Bandung:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar