1. Definisi
Mengajar : Tindakan
seseorang dalam memberi petunjuk/menyampaikan informasi, pengalaman,
pengetahuan,dsb, kepada subjek didik agar mereka mengetahui dan memahaminya
sesuai dengan tujuan yang dikehendaki.
Pengajaran :
semua proses tindakan yang terjadi dalam kerangka kegiatan mengajar. Elemen
yang terkait kegiatan mengajar : tujuan, bahan ajar, interaksi guru siswandalam
proses pembelajaran, evaluasi, dan hasil belajar sebgai produknya.
Kekeliruan Istilah
a.
Mengajar : tugas utama guru didalam kelas.
b.
Belajar : tugas utama siswa, baik didalam
maupun diluar kelas.
c.
Pengajaran : interaksi guru dengan siswa, namun
peran guru lebih dominan.
d.
Pembelajaran : interaksi guru dengan siswa,
keduanya berperan penting, condong kepada berpusat pada siswa.
2. Menginspirasi Siswa
Suatu proses yang mengangkat motivasi
belajar siswa ketingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan efek mengajar
biasa. Karakteristik kemampuan mengajar yang unggul : memiliki keahlian pokok,
ahli pedagohis, komunikator yang unggul, mentor yang berpusat pada siswa,
asesor yang sistematis dan berkelanjutan.
3. Perspektif dan Strategi
Guru yang memiliki perspektif : mereka yang berpengalaman dalam pengaturan sekolah dan
memiliki struktur konseptual untuk memahami peristiwa dikelas.
Strategi :
rencana dan serangkaian kegiatan yang digunakan untuk mempasilitasi jenis
pembelajaran tertentu.
Paradigma :
cara yang diterima untuk melihat dunia yang tumbuh dari pertanyaan-pertanyaa,
pengamatan, dan analisis dari berbagai bentuk usaha ilmiah.
4. Keputusan Propesional
Sebagai tenaga propesional guru
mengembang tugas utama : mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan
pendidikan menengah.
5. Paradigma Belajar
Pembelajara yang lebih akan terjadi
ketika guru mulai mendapatkan pemahaman yang prima tentang bagaimana kegiatan
belajar terjadi. Guru akan menjadi lebih efektif bila dia secara sadar memilih
untuk menggunakan strategi mengajar, memperluas strategi, dan ahli dalam
menggunakan strategi itu.
Referensi:
Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi, Bandung:
Danim, Sudarwan. (2010). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi, Bandung:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar