Selasa

ANALISIS PENGALAMAN MENURUT THEORI SKINNER

-->
PENGALAMAN SAYA :
Ketika saya MTsN saya melihat teman-teman saya mempunyai Handphone, karena saya juga ingin punya saya meminta kepada ibu saya, dan akhirnya dibelikan, ternyata Hp membuat saya malas belajar, malah membuat saya asik smsan dan nelfon sama teman-teman. Dan akhirnya membuat nilai saya menurun drastis, akibatnya saya dimarahi dan Hp saya dicabut oleh ibu saya.
            Setelah tidak ada Hp, saya menjadi rajin belajar dan nilai saya naik bahkan mendapat peringkat, dan ibu memberikan hadiah kepada saya berupa tas dan sepatu sekolah yang cantik, saya senang sekali karena mendapatkan peringkat sekaligus mendapat hadiah dan pujian dari orang tua saya, sehingga perilaku malas saya hilang dan akhirnya saya rajin belajar.
PEMBAHASAN  MENURUT TEORI SKINNER :
            Menurut teori skinner bahwa ibu mencabut Hp saya dinamakan dengan Punishment negative yaitu perilaku akan berkurang ketika sebuah rangsangan positif atau menyenangkan diambil. Disini ibu mencabut Hp saya membuat perilaku malas saya berkurang bahkan berubah menjadi rajin belajar.
            Dan ketika nilai saya naik lagi dan mendapat peringkat ibu memberikan hadiah dan pujian kepada saya, Skinner menamakan ini sebagai Reinforcement positive (penguatan) merupakan suatu konsekuensi perilaku yang mengarah pada peningkatan kemunculan suatu perilaku. Hadiah dan pujian yang diberikan membuat saya senang, dan saya semakin rajin belajar.
            Sedangkan saya meniru perilaku teman saya mengunakan Hp ini dinamakan dengan modeling yaitu proses belajar dengan cara mengamati dan meniru perilaku orang lain. Saya meniru membeli Hp dan sering smsan sama teman, dan ternyata konsekuensi yang didapat tidak menyenangkan untuk saya dan akhirnya saya tinggalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar